Sekedar Bercerita : Pembelajaran dari Kepanitian PilMaPres FIK UI 2013 (part 2)

Banyak pula pengalaman dan pembelajaran yang aku dapatkan di kepanitiaan ini. Pengalaman melakukan hal-hal yang sebelumnya aku merasa tidak mampu melakukannya. Seperti #LiveTweet, #LiveTweet menggunakan bahasa inggris, melakukan publikasi di berbagai sosmed, membaut desain poster, editing photo dengan photoshop, membuat video yang akan disaksikan banyak orang. Sungguh adalah pengalaman baru dan banyak pelajaran yang aku dapatkan.

#LiveTweet

Jadi di setiap cara Pilmapres ada #LiveTweet yang akan mempublikasikan apa yang terjadi dalam acara yang sedang berjalan itu. Harus mengetik dengan cepat dan menggunakan bahasa yang baik dan menarik orang untuk bisa mengikutinya. Apalagi ketika acara Grand Opening yang ada sesi talkshownya, aku harus bisa menangkap inti pembicaraan atau pesan yang disampaikan oleh pembicara dengan cepat dan mempublikasikannya di Twitter. Itu adalah pekerjaan yang gampang-gampang susah. Apalagi saat acara My Opinion, awalnya aku melakukan #LiveTweet menggunakan bahasa indonesia, tapi tiba-tiba seseorang mention dan menyuruhku untuk menggunakan bahasa inggris saat #LiveTweet. Walaupun merasa takut melakukan kesalahan grammar atau vocab saat #LiveTweet, namun karena terpaksa dan mau tidak mau harus melakukannya, akhirnya beres juga. Alhamdululillah, mampu untuk melakukannya.

Mendesain poster

Sebenarnya, tugas desain ada di tangan Thatiana, karena memang dia expert di bidang desain ini. Semua desainnya keren banget J. Aku selama ini hanya memegang medsos, twitter dan facebook, bertugas mempublikasikan acara ke seluruh penjuru FIK UI. Namun, suatu saat aku sedang iseng membuat semacam desain yang bisa digunakan panitia untuk Photo Profil FB atau Avatar twitter sebagai media publikasi acara My Opinion. Bukan poster acara tersebut. Ternyata banyak sekali yang memberikan feedback positif pada desainku itu. Padahal aku menganggapnya biasa-biasa aja dan nggak terlalu bagus jika dibandingkan desain acara lain. Kemudian aku juga diminta untuk membuat poster acara My Opinion, karena Thatiana sedang sibuk mendesain sertifikat. Meskipun merasa takut jika hasilnya jelek, tapi akhirnya mau tidak mau harus membuatnya. Alhamdulillah. Mendapat feedback positif juga🙂.

Dokumentasi

Awalnya, aku dan Thatiana sepakat bahwa aku yang meng-handle dokumentasi. Karena kebetulan aku memiliki camera digital (camdig). Meskipun bukan SLR, hehe. Bisalah jika hanya menjalankan camera digital, tapi di kebanyakan acara Pilmapres ini, tugas dokumentasi ini malah dipegang Thatiana, karena memang aku bertugas untuk #LiveTweet di sepanjang acara. Tapi beberapa kali sempat dokumentasi juga. Pembelajaran barunya adalah saat menggunakan SLR yang dipinjamkan dari kakak tingkat. Sebelumnya, aku hanya sekali dua kali menggunakannya saat SMA dulu. Takut-takut aku menggunakannya bahkan memegangnya juga sangat hati-hati karena memang kamera ini sangat mahal apalagi pinjaman. Sampai-sampai membuka tutup lensanya saja aku tidak berani dan gemetaran, hehe. Tapi akhirnya bisa juga menggunakannya🙂. Alhamdulillah hasilnya tidak terlalu buruk.

Membuat Video

Di acara Awarding Night yang merupakan acara puncak dalam Pemilihan Mahasiswa Berprestasi ini, akan ditampilkan video panitia dan video rangkaian acara Pilmapres yang telah dilaksanakan. Sempat sangat kebingungan bagaimana cara membuat videonya, apalagi tidak ada software yang bisa aku gunakan untuk membuatnya. Movie maker aja nggak punya. Kebingungan banget, hingga H-1 aku masih belum membuatnya, padahal saat hari H ada UTS juga. Akhirnya, bisa download pinnacle meskipun hanya trial 30 days. Kemudian, sebelum membuat video panitia harus ada foto-foto panitianya. Meskipun sebelumnya diumumkan untuk mengumpulkan foto, tapi ternyata banyak yang tidak mengumpulkan. Jadi, harus buka facebook satu-satu untuk mengambil foto mereka. Hampir seharian penuh aku membuat video itu, karena memang tidak hanya menyusun foto saja. Tapi aku harus mengedit foto itu satu-satu agar sesuai dengan tema video yang aku buat. Mengeditnya harus pake adobe photoshop yang sebelumnya aku tidak berpengalam menggunakannya. Tapi akhirnya belajar juga menggunakannya dengan pelan-pelan. Meskipun hanya berdurasi 2 menit, tapi proses pembuatannya memakan waktu berjam-jam. Karena ada proses belajar juga di dalamnya. Kira-kira pukul 1.30 pagi aku baru selesai mengerjakannya. Belajar untuk UTS pun baru sempat saat pagi hari, 3 jam sebelum UTS. Tapi alhamdulillah dapat berjalan dengan lancar, karena memang minggu lalu ada kuis yang mengharuskan untuk belajar sebelumnya. Jadi masih ingat dengan materi belajar minggu lalu. Video ini juga mendapat feedback positif juga, alhamdulillah🙂.

Read the next story
Sekedar Bercerita : Pembelajaran dari Kepanitian PilMaPres FIK UI 2013 (part 3)

2 thoughts on “Sekedar Bercerita : Pembelajaran dari Kepanitian PilMaPres FIK UI 2013 (part 2)

  1. selvypratiwi mengatakan:

    Assalamualaikum, mau nanya. Di FIK apa harus bisa bahasa inggris?

    • lathifany mengatakan:

      Waalaikumsalam selvy🙂
      Bahasa inggris ya, setiap orang pasti level bahasa inggrisnya berbeda-beda. Ada yang bisa aktif ada juga yang pasif aja. Gak ada sarat khusus sih harus bisa bahasa inggris secara aktif untuk bisa ikut perkuliahan di fik, karena memang di fik nggak ada kelas internasional. Jadi, selama perkuliahan gak pake bahasa inggris.
      Tapi memang biasanya di tes masuk ada tes pelajaran bahasa inggris kan ya, tapi secara tertulis aja.

      Tapi tenang aja kalo bahasa inggris kamu belum cas cis cus, nanti selama perkuliahan juga akan meningkat.
      1. Ada pelajaran bahasa inggris lagi kok di sini, namanya mata kuliah “english for nurses”, jadi bisa belajar juga disini.
      2. Banyak buku2 wajib mata kuliah keperawatan yang berbahasa inggris, nanti insya Allah kosa kata dan pemahaman bahasa inggris akan meningkat seiring kebiasaanmu baca buku keperawatan berbahasa inggris

      Saran saya sih kamu harus meningkatkan kemampuan bahasa inggrismu terus ya, meskipun bukan untuk di fik, karena hampir semua jurusan sekarang butuh skill bahasa inggris. Pemahaman bahasa inggris sangat diperlukan terutama saat buat tugas kuliah yang harus pake referensi/buku terbaru dan umumnya buku baru itu masih dalam bahasa inggris/belum diterjemahkan. Kalo misalnya pake buku berbahasa indonesia, biasanya bukunya udah edisi lama, jadi ilmunya gak update.
      Seperti itu selvy, semoga menjawab, maaf panjang jawabannya. Kalo misalnya ada yang mau ditanyakan ttg fik, silahkan ya, saya akan bantu jawab jika saya bisa 😄

Tinggalkan Balasan

