Sekedar Bercerita : Pembelajaran dari Kepanitian PilMaPres FIK UI 2013 (part 1)

12 April 2013

Akhirnya, berakhirlah rangkaian acara Pemilihan Mahasiswa Berprestasi FIK UI 2013. Selesai pulalah tugas menjadi salah satu dari panitia yang bertugas. Mencoba berpikir dan mengingat sejenak tentang hari-hari yang telah berlalu selama 1 bulan ini. Merunut satu demi satu pengalaman dan pembelajaran yang aku dapat dalam kepanitiaan ini.

Setiap mahasiswa pasti telah memiliki sebuah planning tentang apa yang ingin dikerjakannya di awal semester yang baru. Sebenarnya ingin sekali bisa aktif di berbagai kegiatan, namun karena sebuah alasan yang mengharuskan aku untuk fokus pada usahaku mengejar impian, membuat aku membatasi kegiatan yang aku lakukan. Belajar pula dari pengalaman sebelumnya, terlalu banyak mengikuti kegiatan, membuatku tidak bisa melakukan yang terbaik yang aku bisa. Akhirnya, aku tidak bisa berkontribusi secara maksimal dalam kepanitiaan yang aku ikuti. Sehingga, aku hanya membatasi jumlah kegiatan yang aku ikuti.

Berawal dari ajakan salah seorang teman (Thatiana) untuk menjadi staff bidang Humas Publikasi dan Dokumentasi (HPD) dalam kepanitiaan Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) FIK UI 2013. Awalnya ragu untuk menerimanya karena adanya ketakutan akan mengganggu kuliahku. Namun, akhirnya aku menerimanya sebagai catatan aku hanya ingin melakukan dokumentasi saja, hehe. Lagipula sejak awal kuliah, aku berniat untuk bisa mengikuti ajang Pemilihan Mahasiswa Berprestasi. Sekaligus mengikuti alur tahapan untuk menjadi Mapres, akhirnya aku menyetujui mengikuti kepanitiaan ini.

Aku dan Thatiana hanya berdua di bidang HPD ini. Ini adalah pengalaman pertamaku di bidang HPD. Agak ragu, apakah bisa bidang ini aku handle. Karena kurangnya skill yang aku punya untuk menjalankan tugas bidang ini. Apalagi aku merasa bahwa aku tidak memiliki bakat dalam bidang humas, publikasi, dan dokumentasi ini. Namun, di sini niatku adalah untuk mencari pengalaman dan belajar darinya. Berpegang pada prinsip bahwa kita tidak akan mencapai apapun tanpa berani mencoba. Intinya, kita tidak akan tahu apakah kita mampu melakukan suatu hal jika tidak mencobanya dahulu. Jadi, jangan takut mencoba hal yang baru, karena darinya kita akan mendapatkan banyak pembelajaran.

Rangkaian acara Pilmapres ini terdiri dari 6 tahapan yaitu, Grand opening, Seleksi Administrasi, Seleksi Interview, My Opinion, Presentasi Karya Tulis Ilmiah, dan Awarding Night. Berjalan sekitar 1 bulan penuh. Aku adalah staff yang masuk setelah kepanitiaan sudah berjalan. Sempat briefing pertama saat Grand Opening akan dilaksanakan, aku merasa kurang nyaman dengan orang-orang yang ada di dalam kepanitiaan ini. Banyak wajah asing yang aku temui, banyak teman-teman yang aku anggap kurang akrab denganku. Namun, alhamdulillah Thatiana sebagai PJ HPD ini menjadi sahabat yang baik untukku. Menjadi partner yang hebat🙂. Sehingga aku bisa merasa nyaman dalam kepanitiaan ini. Thank you Thatiana, you are a good friend🙂.

Dalam kepanitiaan kali ini, aku benar-benar merasa memilikinya. Merasa bersalah jika acara tidak berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Di kepanitiaan ini, aku juga merasa memiliki peran besar (artinya nggak gabut🙂 ). Apalagi bidang HPD adalah bidang yang krusial yang jika tidak menjalankan tugasnya dengan baik, acara tidak akan berjalan sesuai rencana.

Read the next story
Sekedar Bercerita : Pembelajaran dari Kepanitian PilMaPres FIK UI 2013 (part 2)

Tinggalkan Balasan

