UI Youth Environmental Action (UIYEA) 2012 : Goes to school

30 November 2012
Poster-UIYEA

Sudah saatnya kita para generasi muda peduli bumi. Cinta bumi. Karena tanpa rasa kepedulian kita, kondisi bumi akan makin buruk dan lama-kelamaan tidak bisa lagi dihuni. Terus kita mau tinggal dimana?

Salah satu gerakan kecil yang kami lakukan untuk mengajak masyarakat untuk mulai peduli pada lingkungannya, pada bumi mereka adalah dengan diadakanna UI Youth Environmental Action 2012  atau gampangnya disebut UIYEA. UIYEA sendiri merupakan proker dari Departemen Lingkungan hidup BEM UI 2012. UIYEA merupakan serangkaian acara yang diawali denga acara pre-event yaitu UIYEA Goes to school dan Door to Door serta acara event UIYEA yang berupa festival bertajuk “Green Campus for Green City”.

Untuk kali ini aku Cuma akan memberikan dokumentasi acara UIYEA goes to school. UIYEA Goes to school sendiri diadakan serentak di tiga sekolah (SD, SMP, SMA) yang letaknya berbeda-beda. Kebetulan aku di acara ini jadi fasilitator di kelas 6A SD Parung Bingung 2 Depok. Jadi ya hanya foto bareng anak SD yang akan aku pampang :)

UIYEA bertujuan untuk mengajak bersama-sama para generasi muda untuk minimal mengetahui perilaku go green seperti apa yang dapat menyelamatkan bumi kita. Selanjutnya diharapkan mereka dapat melaksanakannya di kehidupan sehari-hari nggak Cuma tahu aja.

Awalnya kami semua berbaris di lapangan bersama anak-anak SD di bawah teriknya sinar matahari. Tapi untungnya mereka tetap antusias :)

DSC03193

Sesudah pembukaan dan berbagai sambutan, akhirnya kami bersama anak-anak masuk ke kelas masing-masing. Kelas dibentuk menjadi beberapa FGD yang ada 1-2 fasilitator disana. Kami para fasilitator memberikan materi tentang perilaku go green. Mengajak mereka untuk mulai peduli pada bumi. Seperti jangan membuang sampah sembarangan, tahu cara membedakan organik dan nonorganik, mematikan kran air saat tidak dipakai, menanam pohon, tidak menggunakan styrofoam, dan lain-lain.

395121_121518864674710_91941600_n

Setelah materi tentang go green. Selanjutnya lomba mengumpulkan sampah disekitar lingkungan sekolah dan memilahnya berdasarkan sampah organik dan nonorganik.

DSC03199

Selesai lomba, ada acar menanam pohon di lingkungan sekolah. Senangnya mereka sangat antusias : )

DSC03216

Seperti itulah acara UIYEA 2012 Goes to SD Parung Bingung 1 dan 2 yang sangat seru. Meskipun terik matahari, tapi kami senang bisa berbagi ilmu dan bermanfaat bagi adik-adik kita yang masih unyu-unyu :)

Semoga memang ilmu yang kami share bisa benar-benar bermanfaat dan di terapkan oleh kami sendiri maupun adik-adik yang mendapatkan ilmu tersebut.

See you in UIYEA 2013, next year :)

DSC03218

a piece of memory with new friends

DSC03222

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s