The Inaugural and Grand Closing BWB 2012 Part 2

10-11 November 2012

Seperti janjiku sebelumnya, aku akan menceritakan kelanjutan dari perjalanan kegiatan terkahir BWB 2012 yaitu The Inaugural and Grand Closing yang diadakan tanggal 10-11 november 2012 di Puncak, Bogor, Jabar.

Usai simulasi aksi, kami kembali ke kamar masing-masing untuk ishoma. Sekitar pukul 19.30 kegiatan di mulai kembali. Kami kumpul di ruang utama di lantai 1, kami diminta untuk merencanakan aksi konkret yang akan kita lakukan selepas dari BWB ini. Kami boleh berkelompok yang maksimal 3 orang maupun sendirian. Setelah berdiskusi dan merencanakan kami maju ke depan satu per satu untuk mempresentasikan hasil diskusi kami. Peserta yang lainnya ikut menanggapi. Saat kita sedang  presentasi, teman-teman kami para peserta BWB yang berangkat di kloter ke 2 akhirnya tiba. Sekitar 21 orang masuk bergabung dengan kami yang awalnya ber-15. Alhasil ruangan menjadi semakin penuh dan sesak. Namun, suasana rasanya makin hidup. Apalagi kami juga kedatangan para BPH PI BEM UI 2012 lengkap dengan Ketua dan Wakil ketuanya. Kak Faldo dan kak Odi. Anak-anak makin bersemangat, apalagi yang perempuan. Makin semangat karena ada kak Faldo yang juga hadir.

Lanjuuut…

Selesai presentasi, acara dilanjutkan dengan pemilihan ketua dan wakil ketua angkatan Best Wanna Be 2012 yang menurutku ini adalah situasi yang paling horor yang aku alami selama kegiatan BWB ini. Awalnya kami diberi kesempatan oleh kakak panitia, siapa yang mau mencalonkan diri menjadi ketua dan wakil ketua angkatan. Alhasil hanya 3 orang yang maju. Mulailah rasa kecewa menyeruak dari kakak-kakak panitia. Mereka merasa bahwa kerja keras mereka selama ini untuk melatih jiwa kepemimpinan kami telah gagal dan hanya berpengaruh pada 3 orang peserta yang ada di depan. Padahal esensi dari BWB salah satunya adalah untuk mencetak pemimpin-pemimpin bangsa di masa depan. Tapi untuk menjadi ketua dan wakil ketua angkatan aja kami tidak berani. Kakak-kakak panitia memotivasi kami, memancing diri kami untuk mau mencalonkan diri menjadi kandidat ketua dan wakil ketua angkatan. Kami diminta menutup mata dan maju ke depan bergabung bersama teman-teman yang sudah mencalonkan diri jika memang kita sudah tergerak untuk menjadi seorang pemimpin.

“Karena sesungguhnya di diri tiap orang ada jiwa pemimpin”

Setelah beberapa lama, beberapa peserta akhirnya maju di depan. Sayangnya saat itu aku tidak terlalu berani untuk mencalonkan diri. Merasa bahwa aku belum pantas. Aku tidak bisa melawan dan mengalahkan ketakutan serta kekhawatiranku.

Beberapa calon yang ada di depan kemudian diminta untuk mencari tanda tangan dari para peserta BWB serta para panitia. Kami peserta yang tidak mencalonkan diri hanya diperbolehkan memberikan hak suara maksimal untuk 2 orang yang berbeda. Siapa calon yang mendapat tanda tangan terbanyak, dia akan lanjut ke tahap berikutnya dan harus berpasangan untuk menyampaikan visi dan misinya masing-masing. Mau dibawa kemana BWB 2012 selanjutnya??

Terpillih 8 peserta yang terbagi dalam 4 pasang kandidat ketua dan wakil ketua angkatan BWB 2012. Dengan di moderatori oleh kakak dari BEM UI 2012. Juga ada 3 panelis yang siap menanyakan apapun terkait visi dan misi para kandidat serta kesiapan mereka dalam mengemban amanah. Para peserta BWB dan panitia yang lain juga diperbolehkan mengajukan pertanyaan pada para kandidat di depan.

525510_3890375664835_460937366_n

Pemilihan berjalan alot, terbukti hingga pukul 1.30 pagi hari minggunya kami masih melanjutkan acara pemilihan ini. Dikarenakan kakak-kakak dan para peserta merasa kecewa karena tidak satupun dari mereka yang memberikan jawaban tegas dan konkret di setiap pertanyaan yang diajukan. Mereka terlalu bicara normatif. Suasana makin horor, saat para panitia bergantian satu persatu melontarkan kata-kata kekecewaan yang benar-benar menusuk hati. Sampai-sampai ada yang mengusulkan untuk menunda pemilihan ini karena dari semua kandidat yang ada, dirasa kurang melakukan persiapan. Namun alhamdulillah sebelum pukul 2 kami sudah bisa melaksanakan voting untuk memilih ketua dan wakil ketua BWB 2012.

Seusai voting kami disuruh membuat lingkaran, menutup mata kami, dan memegang bahu teman di sebelah kanan kami. Lalu kami dituntun oleh kakak-kakak panitia ke luar ruangan masih dengan menutup mata. Kami bertanya-tanya mau dibawa kemana kami?? Dingin teras samping villa menusuk kulit kaki kami. Untungnya aku pakai kaos kaki jadi tidak terlalu merasakan dingin. Malahan jatuhnya nyaman banget.

Kami kemudian membentuk lingkaran di teras itu sambil berdiri dan masih menutup mata. Merasakan ada sesuatu yang hangat dan menyala di depan kami. Tapi aku masih menutup mata, agar suasana yang diinginkan benar-benar dirasakan. Inilah saat dimana kami akan dikukuhkan sebagai alumni BWB 2012. Kak Faldo Maldini selaku Ketua BEM UI 2012 memberikan sepatah dua kata tentang kepemimpinan, cerita yang sangat menginspirasi tentang kepemimpinan itu. Suasana yang dirasakan benar-benar kidmat apalagi ditambah gaya bicara kak Faldo yang tenang tapi menghanyutkan. Kami menyanyikan lagu Indonesia pusaka bersama-sama. Entah mengapa tiba-tiba pipiku basah karena air mata yang tidak terkendali keluar. Merasa selama ini aku kurang peduli pada negara dan bangsaku sendiri. Merasa selama ini belum ada sesuatu yang aku berikan pada bangsa dan negaraku yang bermanfaat.

Sehabis itu kami diperbolehkan membuka mata. Melihat ada susunan lilin-lilin yang menyala dan membentuk gambar cinta. So sweet banget kakak-kakak panitia ini :). Kemudian diumumkanlah siapa ketua dan wakil ketua BWB yang terpilih. Randy dan Rizkalah yang akhirnya terpilih.

531144_3890373224774_1611663094_n

Setelah itu kami diperbolehkan kembali ke kamar masing-masing dan beristirahat. Kalian tahu tidak jam berapa itu? jam 3 pagi dan kami masih belum tidur. Banyak alarm yang berbunyi yang seharusnya membangun kami dari tidur eh sekarang malah mengantarkan kami tidur.

Meskipun kasur yang ada sangat terbatas dan sempit, kami berusaha untuk berbagi meskipun harus berdesak-desakan. Tapi itu sweet momentnya :)

Oke cerita selanjuntnya bisa dibaca di postingan selanjutnya yaitu The Inaugural and Grand Closing BWB 2012 Part 3

Good Night and Have a nice dream

Best Wanna Be 2012

Kreatif, solutif, inspiratif

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s