Great Journey With Best Wanna Be UI 2012

13 dan 20 Oktober 2012

c17visl1yjo08y5x2f2qBest Wanna Be dari BEM UI 2012 yang super duper keren:)

Sebuah acara keren yang akhirnya aku bisa ikuti hingga sejauh ini hingga tuntas tepatnya. Acara ini memang di khususkan untuk mahasiswa baru (maba) yang ingin meningkatkan skill organisasinya, membangkitkan jiwa kepemimpinannya, juga bagi yang ingin belajar menjadi pemimpin yang baik. Sebuah ajang kaderisasi yang dipersembahkan oleh BEM UI 2012.

Sebelum dinyatakan lulus seleksi SNMPTN Undangan dan UAN. Alhamdulillah kampus impian yang selalu aku ingin tuju, UI, akhirnya bisa aku masuki. Banyak sekali rencana-rencana yang aku tuliskan untuk kedepannya saat sudah berstatus sebagai seorang mahasiswa. Termasuk targetku untuk bisa menjadi anggota Badan Eksekutif Mahasiswa BEM UI. Setiap kali mendengar dan melihat apapun yang berkaitan dengan BEM UI, aku selalu exciting. Berharap aku bisa kembali menjadi seorang yang aktif dalam organisasi seperti saat Sekolah Menengah Pertama dulu. Setelah (bisa dibilang) vacuum dari segala kegiatan organisasi dan tidak berkontribusi apa-apa. Hanya sebagai seorang yang Study-oriented(SO). Walau sudah SO tapi entah kenapa prestasi akademik juga begitu-begitu aja. Heran!

Maka dari itu, aku bertekad bahwa saat aku memasuki dunia perkuliahan dan menjadi seorang mahasiswa aku harus aktif dan berprestasi. Gak cuma kupu-kupu (kuliah pulang-kuliah pulang) tapi juga mencoba semuanya. Kura-kura (iya), kuda-kuda(iya),kunang-kunang(iya).  Selama punya esensi manfaat dan kebaikan kenapa nggak??

(back to context)

Sejak mendapat flyer-nya Best Wanna Be UI 2012 saat selesai daftar ulang di Balairung dulu, aku sudah memutuskan bahwa aku harus ikut kegiatan ini. Apalagi pendaftarannya gratis lagi. Saat dibuka pertama pendaftaran lewat website, banyak banget yang mendaftar. Kakaknya aja bilang kira-kira sekitar 1000 maba yang mendaftar. Karena memang ini gratis, dan syarat pendaftarannya hanya harus mengisi beberapa biodata. Nggak ada seleksi, wawancara, atau sebagainya.

Pendaftarannya itu dibuka saat masa-masa perkuliahan belum berlangsung. Hanya kamaba tingkat universitas dan fakultas. Begitu banyaknya kegiatan-kegiatan itu hingga kau melupakan best wanna be. Maksudnya kurang peduli kapan akan diadakan acaranya. Tapi aku tetap berniat ikut.

Saat Grand Launching BWB di Balai Sidang

Seharusnya aku bisa datang, tapi karena saking lupanya dan nggak baca informasi di sosmed jadi ketinggalan. Lagian sebenarnya hari itu juga di FIK ada kegiatan Mekkah (meskipun aku nggak ikut). Akhirnya GL nggak ikut. Padahal kata temen-temen GL BWB itu sangat menginspirasi dan keren, yeah! Oke deh yaudah nggak apa2..

Second week- Team Building

Saya kembali nggak ikut dikarenakan jadwalnya bentrok sama kegiatan fakultas. Saat itu ada simulasi aksi dalam rangka acara LKMM. Tapi aku bersyukur lebih memilih simulasi aksi. Karena kenapa? simulasi aksi kemarin sudah menyadarkan bahwa kita perlu peduli! kita perlu memperjuangkan hak kita!. Kegiatannya juga seru banget!*ciuussan :)

Third week- Materi tentang komunikasi dan kepemimpinan

A5DaKHFCAAAyMR9

Akhirnya ada juga waktu luang yang bisa aku manfaatkan untuk mengikuti acara BWB yang sudah aku tunggu-tunggu sejak lama. Karena memang panitia sendiri nggak membatasi para maba yang pada kegiatan sebelumnya nggak ikut. Jadi mereka tetap membuka selebar-lebarnya mereka yang ingin bergabung dan belajar bersama. Acara yang berlangsung sejak pukul 9 pagi hingga pukul 4 sore. Melelahkan tapi sangat meginspirasi dan bermanfaat. Kami diberi materi tentang pentingnya komunikasi dalam sebuah organisasi oleh kakak(cewek) dari FISIP UI yang benar-benar luar biasa dan inspiratif benget. Memiliki segudang prestasi yang memotivasi untuk bisa mendapatkannya juga. Kemudian saat hari sudah menjelang siang dan adzan dhuhur berkumandang (waktunya ishoma). Kami shalat berjamaah di Aula Setyaningrum Pusgiwa UI dan makan bareng-bareng. Seru! karena bisa ketemu teman-teman dari berbagai fakultas. Tambah teman baru lah..

A5EG4RmCcAAaunN

Setelah itu ada materi dari bapak siapa gitu (aku lupa namanya). Beliau adalah salah satu founder dari PPSDMS NF yang sangat inspirasional itu. Beliau memberikan materi tentang kepemimpinan. Membuka pikiran dan memotivasi. Apalagi saat diminta untuk menuliskan visi dan misi hidup kita sendiri. Serta langkah-langkah apa yang harus kita tempuh untuk mencapai tujuan itu. Jujur, aku bingung saat itu. Sampai waktu habis aku belum bisa menuangakan hal apa yang ingin capai. Akhirnya saat diminta mengumpulkan, aku tidak mengumpulkan. Kejadian itu benar-benar menyadarkan aku .Bahwa aku belum punya visi hidup yang jelas. (Tapi sekarang udah dapet)

Next, Fourth week

Talkshow tentang aksi mahasiswa yang kreatif, solutif dan inspiratif

Menghadirkan pembicara-pembicara keren. Kak Budhi Dharma, kan Wahyu Awaludin, Kak Amal, sama kak Odi as a moderator. Talkshow berlangsung seru dan menyenangkan. Banyak banget manfaat yang aku dapet dari sini. Terinspirasi juga sama mereka yang punya passion mereka sendiri.

Talk show BWB

710ce1121a6311e280961231380fe8a6_7

Presentasi Sosial Project tiap kelompok

Ya, jadi minggu kemarin aku baru ikut acara BWB dan kalian tahu apa?? kami langsung dibentuk kelompok untuk membuat sebuah proposal sosial project yang akan dipresentasikan minggu depannya lagi. Ya ampuunn.. baru juga ikut udah di suruh bikin sospro. Sempat terfikir untuk tidak melanjutkan partisipasi di BWB ini. Namun, teringat lagi bahwa kita tidak boleh berhenti karena ada hambatan atau hal sulit yang menghadang. Berfikiran gitu juga karena ada teman yang berniat untuk berhent.

Akhirnya, beberapa hari setelah itu kami satu kelompok ketemuan dan diskusi tentang sospro apa yg ingin kita jalankan. Hari itu, kami kumpul hingga larut malam untuk menentukan sospro kamu. Eh ternyata, setelah bubar dan kembali ke kamar. Ada sms masuk yang bilang kalau kelompokny berubah lagi. Dan hanya aku sam enok yang masih bareng satu kelompok. Selebihnya mencar-mencar. Beberapa hari sehabis itu kami sekelompok yang baru ketemu dan itu hanya dua kali untuk membahas sospro kami. Awut-awutan tapi akhrnya bisa dipresentasikan. Dan itu kali pertama aku melakukan presentasi sospro. Dan itu suatu pembelajaran dan pengalaman tersendiri. Presentasi di depan para panelis dari BEM UI 2012 yang keren serta peserta dan panitia BWB di auditorium perpus pusat UI. Ada 7 kelompok yang mempresentasikan hasil diskusi sospro mereka. Kreatif dan keren-keren. Sayangnya nggak bisa kita laksanain semuanya. Dari 7 proposal hanya 2 yang dipilih untuk dipertimbangkan. Akhirnya temen-temen BWB memilih POTRAIT sebagai sospro kami

Fifth and Sixth week

Perencanaan dan pelaksanaan sospro. Rapat dan rapat mulu. Pembagian tugas dan itu menurutku kurang efektif. Rasanya gabut. Tapi akhirnya bisa kontribusi juga saat aksi sosialisasi POTRAIT itu sendiri. Kamu mensosialisasiaknnya ke tiap fakultas yang ada di UI. Alhamduliilah, banyak dari warga UI yang menyambut positif sospro kami. Senengnya juga, lewat kegiatan ini bisa ketemu sama orang-orang yang menginspirasi di kampus. Seperti KaBEM,Waka BEM, juga kakak2 BEM FIK UI 2012.

Seventh week

Sudah sospro dan kali ini saatnya acara puncak yaitu The Inaugural and Grand Closing BWB di puncak, Jawa Barat.

Lebih lengkap tentang kegiatan yang dilakuin waktu TIGC akan di post segera..

Aku bisa sampai acara puncak ini tidak lain karena niat dan komitmen. Mencari ilmu juga pengalaman :)

Best Wanna Be 2012

Kreatif, solutif, inspiratif

Tinggalkan Balasan

